Jumat, 08 November 2013

KARAKTERISTIK PENELITIAN KUANTITATIF

Menurut Hamidi (2004), karakteristik penelitian kuantitatif dapat dilihat dari aspek-aspek berikut:
a) Segi perspektif
Lebih menggunakan pendekatan etik, artinya bahwa peneliti mengumpulkan data dengan menetapkan terlebih dahulu konsep sebagai variabel-variabel yang berhubungan, yang berasal dari teori yang dipilih oleh peneliti. Yang kemudian variabel tersebut dicari dan ditetapkan indikator-indikatornya, yangmenjadi dasar dalam pembuatan kuisioner, pilihan jawaban, dan skornya.
b) Segi konsep atau teori
Bertolak dari konsep yang terdapat dalam teori yang dipilih oleh peneliti kemudian dicari datanya melalui kuisioner untuk pengukuran variabel-variabelnya. Sederhananya adalah, penelitian ini beranjak dari konsep, teori atau menguji teori (retest).
c) Segi hipotesis
Merumuskan hipotesis sejak awal, yang berasal dari teori yang relavan yang telah dipilih.
d) Segi teknik pengumpulan data
Mengutamakan penggunaan kuisioner atau angket.
e) Segi permasalahan atau tujuan
Menanyakan atau ingin mengetahui tingkat pengaruh, keeratan korelasi, atau asosiasi antarvariabel atau kadar satu variabel dengan cara pengukuran.
f) Segi teknik memperoleh jumlah responden
Responden (sampel) penelitian ini adalah ukuran besar, sampelnya bersifat representatif (perwakilan), serta diperoleh dengan menggunakan rumus, persentase atau tabel-populasi sampel serta telah ditentukan sebelum dilaksananakannya pengumpulan data.
g) Segi alur pikir penarikan kesimpulan
Secara deduktif, yaitu dari penetapan variabel (konsep), kemudian pengumpulan data dan menyimpulkannya. h) Segi bentuk sajian data
Data penelitian kuantitatif disajikan dalam bentuk angka dan tabel.
i) Segi definisi operasional
Menggunakan istilah definisi operasional yang merupakan petunjuk bagaimana sebuah variabel diukur, atau menggunakan perspektif etik. Dalam hal ini jelas bahwa peneliti telah menetapkan jenis dan jumlah indikator, dan berarti telah membatasi subjek penelitian mengemukakan pendapat,pengalaman atau pandangan mereka. j) Segi analisis data
Analisis data dilakukan pada saat akhir pengumpulan data atau setelah pengumpulan data selesai tentu saja dengan menggunakan perhitungan statistik.
k) Segi instrumen
Instrumen penelitiannya berupa angket atau kuisioner.
l) Segi kesimpulan
Penarikan kesimpulan sepenuhnya dilakukan oleh peneliti berdasarkan hasil perhitungan atau analisis statistik.
Dan secara umum, penelitian kuantitatif memiliki karakteristik sebagai berikut, yaitu:
a. Desain penelitian kuantitatif bersifat tetap (permanent), misalnya besarnya sampel, dan siapa yang dan bagaimana memperoleh sampel, pada umumnya tidak dapat diubah-ubah.
b. Hasil penelitian kuantitatif dirumuskan hanya berdasarkan data yang ada. Pada penelitian kuantitatif pengidentifikasian variabel, dan perumusan hipotesis pada umumnya didasarkan pada teori-teori atau konsep-konsep yang telah ada.
c. Pada penelitian kualitatif perujukan teori dan konsep seperti itu sangat dibatasi pada langkah-langkah awal, tetapi teori atau konsep itu dipakai dalam analisis data dan perumusan pola-pola temuan.
d. Dalam pendekatan kuantitatif diasumsikan bahwa peneliti tahu arti suatu perbuatan yang dilakukan oleh orang-orang yang sedang diteliti.
e. Perumusan konsep, teori dan kesimpulan pada penelitian kuantitatif dilakukan dengan metode deduktif.
f. Proses penelitian kuantitatif bebas dari pengaruh nilai, bebas nilai (value free), yang berbeda dengan penelitian kualitatif yang tidak mungkin bebas dari nilai. (value bound).
g. Dalam menulis laporan hasil penelitian, disajikan dalam bentuk tabel-tabel data, analisis statistik dan grafik. h. Pekerjaan kuantitatif didasarkan pada ”realistik epistimology” yang beranggapan bahwa apa yang dikatakan sebagai suatu ”truth” itu persis sama dengan benda atau kenyataan yang sebenarnya, karena suatu kesimpulan yang dibuat harus benar-benar akurat dan disimpilkan berdasarkan realitanya.


Referensi: Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara. http://kei-ma.blogspot.com/2011/06/karakteristik-penelitian-kuantitatif.html

1 komentar: